Rabu, 21 Januari 2015

INOVASI PRODUK DAN ENTREPRENEURSHIP TEKNOLOGI INFORMASI





Kewirausahaan atau Entrepreneurshipu merupakan sebuah tema yang sangat menarik untuk dibahas dan ditekuni karena menjanjikan kesuksesan finansial dan karir bagi yang berhasil menjalankannya. Kewirausahaan menurut Jong and Wennekers (2008) dapat didefinisikan sebagai pengambilan resiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang – peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan yang inovatif sehingga usaha yang di kelola berkembang menjadi besar dan mandiri menghadapi tantangan persaingan. Larsen, P and Lewis, A, (2007) menyatakan bahwa salah satu karakter yang sangat penting dari wirausahawan adalah kemampuannya berinovasi. Inovasi merupakan implementasi dari suatu ide atau gagasan baru terhadap suatu produk. Menurut Kotler (2009) produk merupakan suatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, di beli, digunakan atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Tanpa adanya inovasi dalam sebuah wirausaha maka wirausaha tersebut tidak dapat bertahan lama menghadapi persaingan yang ada. Hal ini terjadi karena kebutuhan, permintaan dan keinginan pelanggan selalu berubah – ubah seiring dengan berjalannya waktu. Dengan adanya perubahan tersebut maka pelanggan akan mencari produk lain dari perusahaan lain yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Dunia teknologi informasi merupakan sebuah dunia usaha yang banyak melahirkan entrepreneur yang sukses. Adapun nama – nama seperti Bill Gates, Stave Jobs, Lerry Elison merupakan seorang entrepreneur muda yang sukses di bidang teknologi informasi. Bisnis teknologi informasi merupakan sebuah bisnis yang sangat menjanjikan bagi para entrepreneur karena bisnis ini memberikan peluang yang seluas – luasnya terhadap semua orang yang ingin menekuninya. Meskipun dalam bisnis teknologi informasi memberikan peluang yang seluas – luasnya bagi semua orang, namun bisnis ini memiliki persaingan yang cukup ketat. Agar tetap dapat eksis dalam persaingan yang sangat ketat maka seorang entrepreneur harus selalu melakukan inovasi. Dalam melakukan inovasi tidak hanya melakukan pengembagan terhadap produk yang sudah ada tetapi juga melakukan pembaharuan di sektor teknologi informasi, melakukan inovasi terhadap strategi promosi dan pemasaran produk serta peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan oleh seorang entrepreneur dalam melakukan inovasi adalah sebagai berikut :
1.   Memahami situasi pasar
Dalam melakukan inovasi memahami situasi pasar merupakan hal yang sangat penting karena dengan kita bisa memahami situasi pasar kita dapat mengetahui trand dan kebiasaan pelanggan serta isu – isu yang berkembang baik di media masa maupun media elekronik. Sehingga dari sana akan muncul ide untuk mengembangkan atau menciptakan sebuah produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
2.   Meminta masukkan dari pelanggan
Selain memahami situasi pasar, meminta masukkan dari pelanggan juga merupakan suatu hal yang penting karena dari sana kita dapat menggali informasi mengenai kekurangan produk yang kita miliki sehingga kita dapat melakukan perbaikan dan informasi mengenai kebutuhan yang diperlukan oleh pelanggan. Untuk dapat meminta masukkan dari pelanggan kita harus melakukan interaksi langsung dengan pelanggan. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk melakukan interaksi diantaranya dengan melakukan wawancara, questioner serta membuat forum dengan memanfaatkan berbagai media sosial seperti twitter atau facebook.
3.   Memperhatikan Pesaing
Dalam melakukan inovasi terhadap suatu produk, kita juga harus memperhatikan inovasi yang dilakukan oleh pesaing, hal ini dilakukan guna untuk menghidari pelanggan kita mengalihkan perhatian dari perusahaan kita karena inovasi pesaing kita lebih baik.



Referensi
Ernani Hadiyati, 2011,”Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usah Kecil”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol 13. No 1
Larsen, P. & A. Lewis. 2007. “How Award Winning SMEs Manage The Barriers to Innovation”, Journal Creativity and Innovation Manage-ment, page: 141-151.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar